Speedo Scorpio vs GPS


Saya kemaren membuktikan bahwa kecepatan speedometer lebih tinggi dari kecepatan yang direkam GPS (saya memakai Garmin GPS60). Pada jalan lurus saya jalankan motor saya (Scorpio Z) sampai kecepatan 120km/jam (di speedometer), GPS saya save tracklognya. Hasil di GPS : Maximum Speednya cuma 112Km/jam.

Wah,… kok korupsi ya..??? ada kutipan artikel dari http://www.saft7.com

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya simpangan kecepatan pada speedometer antara lain:
1. Kondisi ban/roda: tingkat keausan dan perbedaan ukuran ban.
2. Modifikasi gardan: penggantian gear ratio gardan / drive axle gear.
3. Modifikasi sprocket gear: untuk speed sensor yang ada pada transmisi akan terpengaruh perubahan sprocket gear.

Akurasi perhitungan GPS terhadap speed sendiri memiliki toleransi sekitar 0.1-0.2ms atau meleset sekitar 3-5meter terlambat memberikan informasi saat itu, dipengaruhi oleh jumlah satelit yang terhubung dengan GPS tersebut, kondisi lingkungan sekitar GPS, dan cuaca.

tapi kayakna emang motornya yang kenceng, apa GPSna yang LEMOT … bodo ah… yang penting masih bisa buat touring,…

Perihal Bro
Photography

10 Responses to Speedo Scorpio vs GPS

  1. triple tri mengatakan:

    memang begitu,produsen sengaja buat angka speedo lebih tinggi dari kenyataannya,supaya orang ga seenaknya maen kebut2an di jalan.tapi kalihatannya itu cuman berlaku untuk speedo yang analog.coba mas lakukan di motor laen yang speedonya udah digital.di suatu tabloid,speedo digital bajaj pulsar lebih lambat.di speedonya masih 90km/jam sedangkan motor laen udah 110km/jam

  2. VANKA mengatakan:

    Saya sudah coba motor saya dengan menepuh 140 km/jam berati motor saya hanya menempuh sekitar 120 an km/jam. pada hal motor saya masih baru. saya mau coba sampai 170 km/jam tapi keanapa dikecepatan 140 km/jam motor nya sudah goyang inul. saya pikir scorpio Z sudah lebih mantap karena punya bodi ramping n keker. apa penyebab motor terus goyang inul di kecepatan 140 km/jam. apakah scorpio Z saya harus di modif?

  3. ipoel mengatakan:

    Sya dah tahunan pke scorpio, smp skarg, memang ada kelemahan pada arm belakang (menurut saya loh), pada kecepatan diatas 120, akan goyang inul,tapi bisa di redam dengan menganti perangkat standar jd racing skit,spt swing arm blk, pelek 17, ban yang agak lebar,untuk depan bisa agak di turunin sedikit, coba dan rasakan bedanya, untuk power yamaha g ada duanya, cuma pengaturan nafas motor aja, gmana perawatan dan stelan machanik

  4. fahroe mengatakan:

    boleh di coba nih resepna…. Nabooonk dolo… soalnya anggaran dana lagi mefet…😦

  5. boghe mengatakan:

    Saya pake scorpio sejak 1th yg lalu,malah km baru 1000km udah dibawa touring keBali,dgn bawaan seabreg n berboncengan tetap mulus sampai kecepatan 150km/jam,gak ada getaran yg berarti tuh. oya cdi-nya aku pake BRT🙂 n dudukan shock belakang dipendekkan.

  6. Bagoes pramudya mengatakan:

    Sorry ikut nimbrung,gw pnya scorpio z thn 2006 saya pernah coba geber smp 200km/jam smp skrg msh enak d bwa lari sgtu.scorpio emang mantafff bro

  7. asep mengatakan:

    askum muanya ikut nimbrung nih,gwe pake scorpio z uwdah 3tahun,kecepatan maksimal cuma mpe 145 km/jam bisa ditambahin lagi g kecepatanya,roda blakang m depan ukurannya sudah tak rubah lebih lebar dengan ring 17.
    o ia scorpio punya masaalah di bagian suspensi yang terlalu empuk padahal dia monosok jadi kadang suka goyang kalo pas di pake dijalan yang ga rata

  8. erwan tetep scorpio z mengatakan:

    ikut nimbrong jg ahk sesama pioner…gw jg pake pio udh 5thn problem nya cuma di shok doank..bener bro pake velg 17 yg agak lebaran dikit enak banget.buat nikung kencang di jalan kriting masih stabil..pokoke tikungan bergelombang maen libass 90-100kpj msh berani..palagi boncengan makin ceper tu mtr makin siiip buat kencang..

  9. erwan tetep scorpio z mengatakan:

    klw terlalu empuk shok nya di ganjal pake ring 2-3mm jgn terlalu tebel ntar keras bnget..pasang sendiri jg bisa.siapkan ring nya bikin dri plat kecil jg bisa bikin kaya hurup U di tukang las..lbar nya bikin sama dgn diameter shok bwah.masang nya cungkil aja per bagian bawh nya pake obeng trus sisipkan ring plat td tokok pake martil ato palu ato hamer ato godam kelar deh hehe..hihihihi siap nyengat tuh..

  10. erwan tetep scorpio z mengatakan:

    oia ane lg nyari speedo pio yg 2nd aja biar murah tp bagus dan fungsi semua hehehee..tmn semua ada yg mau jual ga…???tp jgn mahal mahal ya

Berikan Komentar :

